PLTU Suralaya

Sabtu, 07 Mei 2011
Ini dia tempat yang pengen Q masuki, sesuai jurusan (konversi energi) moga bisa masuk n kerja di sini nanti, amiin.

PLTU Suralaya adalah salah satu PLTU terbesar di Indonesia saat ini. Posisinya ada di Kecamatan Pulo Merak, Kotamadya Cirebon, Jawa Barat. Letaknya 7 km ke utara dari Pelabuhan Merak. PT. Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Suralaya merupakan Unit Bisnis Pembangkitan dari PT. Indonesia Power yaitu salah satu dari anak perusahaan PLN (persero).

Di pulau Jawa ada 2 (dua) anak perusahaan yang membangkitkan tenaga listrik yaitu :
  • PT.Indonesia Power berkantor Pusat di Jakarta.
  • PT.Pembangkitan Tenaga Listrik Jawa Bali yang berkantor Pusat di Surabaya. 
PT. Indonesia Power terdiri atas 8 Unit Bisnis pembangkitan dan 1unit bisnis jasa pemeliharaan. Unit Pembangkitan Suralaya adalah Unit Bisnis Pembangkitan terbesar di Indonesia. Unit Bisnis Suralaya, menangani 8 unit PLTU, dengan batubara sebagai bahan bakar utamanya. Unit 1-4 masing-masing memiliki kapasitas 400MW, sedangkan untuk unit 5-8 memiliki kapasitas 600 MW, untuk total seluruhnya adalah 4200 MW. 

PLTU unit 8 baru saja dioperasikan pada 8 April 2011 kemarin. Pembangunannya merupakan bagian dari proyek pemerintah 10000 MW. Untuk 1 Unit PLTU ini saja, menelan bahan bakar 8000 ton batu bara per hari, ini berarti dibutuhkan 240.000 ton batu bara tiap bulan dan untuk seluruh unit PLTU Suralaya membutuhkan sekitar 3.000.000 Ton batu bara per bulan. Sebagian besar di dapatkan dari Kalimantan, dan kita harus berterimakasih kepada warga Kalimantan yang mau memberikan kekayaan alamnya untuk orang Jawa.


                                                      Ini dia gambar PLTU-nya



                         Dan ini kenapa Q suka PLN, "Menerangi Kegelapan"(jjiiiaahh..!)





1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    gan, dari teknik konversi energi? KP di suralaya juga? boleh minta kontaknya ga? mau nanya2 nih, soalnya mau KP di Suralaya seminggu lgi,. tlong respon yah gan

Posting Komentar